Mengapa Masyarakat di Reg 47 Way Terusan Menolak HTI…?

Sejak tahun 1998, masyarakat di SP 1,2 dan 3 Kec. Bandar Mataram telah bermitra (PIR) dengan PT Gula Putih Mataram (segroup dengan PT GPA) dengan jenis tanaman tebu. Dari keterangan warga diperoleh data bahwa selama satu tahun, plasma mendapatkan hasil Rp. 5 juta pertahun yang dibayarkan secara triwulan. Triwulan I (Feb), II (Mei) masing-masing sebesar Rp. 500.000,- dan sisanya dibayarkan pada triwulan III (Nov) setelah dipotong dengan pinjaman hari raya lebaran Rp.1 juta.

Petani di SP 1,2,3 yang bekerja sebagai buruh harian dijemput dengan truk perusahaan, mendapatkan upah Rp. 40.000/hari belum dipotong uang rokok dan makan atau hanya membawa uang ke rumah (pendapatan bersih) Rp. 20.000/hari.
Penghasilan petani yang sedemikian hanya mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga tamat SMP saja.

Sedangkan warga yang menggarap yang Reg 47 Way Terusan Lampung Tengah tingkat kesejahteraanya berbanding terbalik dibandingan dengan warga Transmigrasi di SP 1,2,3 yang bermitra dengan perusahaan. Pada saat memulai wanatani karet, mereka menanam tanaman tumpang sari seperti singkong dan jagung hingga karet siap disadap. Dari tanaman tumpang sari, mereka mendapat penghasilan minimal Rp.5 juta dalam 6 bulan. Setelah karet bisa disadap, rata-rata menghasilkan karet 5 – 6 kwintal/bulan dalam satu Ha atau Rp 7,5 juta/bulan/Ha.

Dengan kondisi penghasilan ini, mereka bisa sejahtera dan mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi. Saat ini tercatat ada sekitar 50 orang warga reg 47 Way Terusan yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi penghasilan karet dan tumpang sari tersebut.

Dengan begitu, alasan penolakan warga reg 47 Way Terusan terhadap HTI PT GPA lebih karena alasan kesejahteraan yang dicerna dari persentuhan langsung dengan perusahaan yang berlangsung sejak lama, bukan karena provokasi pihak-pihak luar yang iri dengan kesuksesan PT GPA atau yang lainnya. (Koer – KaWAN TANI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s