Harga Getah Damar Melonjak

Getah damar (Shorea Javanica) krui Lampung Barat saat ini (Mei 2012) sedang menikmati harga cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya. Harga getah damar asalan (umur 2 minggu) bisa mencapai harga Rp. 16.000,-/kg, dibandingkan bulan Juni 2011, harga getah damar asalan (umur 2 minggu) baru mencapai harga Rp. 11.500,-/kg.  Saya belum mendapatkan cerita mengapa harga getah damar sedemikian tingginya, biasanya 1 kg getah damar dipatok harga 1 US $ atau jika dibandingkan dengan harga kurs 1 Euro juga melampaui.

Peningkatan nilai ekonomi getah damar ini terasa saat saya berkeliling pekon Pahmungan Pesisir Tengah Krui Lampung Barat. Banyak keluarga muda yang berusaha sebagai buruh panen getah damar, pembeli damar tingkat kecil di desa atau pembeli damar di kebun (penghadang) kecipratan rejeki berlimpah dengan membeli sepeda motor atau membangun rumah tinggal di pekon/desa.  Dijumpai dalam sebuah rumah tinggal di Pekon Pahmungan ada yang memiliki 2 s/d 3 buah sepeda motor dari penjualan getah damar. Ada juga yang keluarga yang memperbaiki atap rumah tinggal dengan model atap seng terbaru yang sedang trend. Dijumpai juga, kerangka bangunan rumah tinggal baru keluarga muda yang sudah 2 tahun ini tinggal di kebun berusaha sebagai penghadang dan buruh panen damar.

Dampaknya, dalam tahun terakhir ini di Pekon Pahmungan tidak dijumpai lagi mobil angkutan umum yang mangkal di desa karena anak-anak sekolah lebih memilih naik kendaraan sepeda motor sendiri atau naik ojek motor.  Semangat masyarakat Krui menanam pohon damar kembali tumbuh ditandai dengan menanam kembali kebun damar yang pernah ditebang tempo hari.

(Koer – Kawan Tani)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s