Reposisi NGO’s (LSM) sebagai Knowledge Management

Siang itu, saya terlibat diskusi dengan salah seorang direktur LSM lingkungan di Lampung ketika akan berkoordinasi mengenai penjualan produk NTFP wilayah dampingannya. Ujarnya begini, “Silahkan langsung berhubungan (berkomunikasi) dengan kelompok tani yang sudah berhasil mengelola unit bisnis tersebut karena mereka sudah lebih pandai dari pendampingnya. Kami, LSM, mencari kegiatan lain yang berbeda lahan dengan kelompok tani seperti pendampingan kelompok tani yang lain atau kegiatan yang tidak mungkin dilakukan masyarakat awam seperti: advokasi kebijakan daerah dan nasional.

Saya langsung tergiang statement rekan saya yang lain, Rio Bertoni (Mitra Bentala), yang berbeda pandangan dalam hal ini. Menurutnya, bahwa banyak dari penjualan suatu produk NTFP itu ditentukan juga oleh kemampuan kita mengetahui product knowledge, seperti: komposisi kandungan gizi, khasiat, turunan product lainnya dan lain-lain. Kemampuan dalam mengakses informasi dan pengetahuan dari teknologi informasi, narasumber langsung atau dari pengalaman lapangan dari wilayah lain tentang product knowledge, masih sesuatu yang langka dimiliki oleh komunitas. Petani mesti ditemani terus dalam menemukan product knowledge yang setiap hari terus berkembang.

Kontribusi LSM dalam gerakan sosial ekonomi rakyat tidak selalu gratisan karena product knowledge dapat dihitung sebagai pengeluaran ekonomi yang ditanggung dari nilai penjualan suatu product. Seni mengelola perubahan dari LSM yang hanya mengandalkan satu-satunya dari dana donor ke arah LSM yang juga berwirausaha sosial sangat menarik hati saya untuk menekuninya. Trimakasih atas spirit dan idenya teman… (Koer – KaWAN TANI)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s