Peluang Kaderisasi Pada NGO’s

Akhir-akhir ini, kalangan NGO’s di Lampung mulai mengeluhkan minimnya kader penerus untuk keberlanjutan organisasi. Untuk mendidik menjadi seorang aktifis gerakan, selama ini para NGO’s mengandalkan insting dan berbekal pengalaman langsung dari tahun ke tahun, kebanyakkan juga terstruktur (knowledge management) sehingga proses regenerasi lambat. Training Community Organizer (CO) yang berkala diyakini bakal dapat menjaring aktivis muda penerus. Demikian dituturkan oleh Syarif Abadi, direktur eksekutif KBH Lampung di kantornya.

Kemudian, Saya terlibat diskusi dan menawarkan untuk juga menekuni basis dukungan asal muasal calon kader. Ada beberapa metode yang dilakukan NGO’s di lampung misal: Watala dengan basis keanggotaan selalu merekrut anggota muda tiap tahunnya; Mitra Bentala yang memiliki kedekatan hubungan dengan pencinta alam di kampus polinela meskipun tidak selalu berakhir sebagai aktifis NGO’s hanya sebagai pencinta alam saja. Atau juga seperti KaWAN TANI yang selalu membina kerjasama program dengan mahasiswa dari organisasi mahasiswa HMI, IMM dan GMNI di Bandar Lampung; YLPMD Kota Metro yang memiliki hubungan primordial dengan kader muda NU Lampung Tengah dan lain-lain.

Sepengetahuan saya, dahulu juga KBH Lampung memiliki basis dukungan dari organisasi mahasiswa namun entah mengapa kini tidak berkelanjutan, dan tidak tereksplorasi dengan baik dalam diskusi itu. Deni, aktifis buruh, turut sumbang saran kalau dirinya bersama teman-teman dahulu di Yogyakarta sering diminta menjadi EO, notulen dll oleh IRE Yogya. Hasilnya dapat terinternalisasi “ruh” dari aktifis gerakan.

Saya provokasi idenya bagaimana KBH Lampung mulai serius merawat hubungan baik dengan mahasiswa (fokus bisa pada fakultas hukum) seperti Deni dkk dirawat baik oleh IRE Yogya atau model NGO’s lain membangun basis dukungan primordialnya. (Koer – KaWAN TANI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s