Petani dan Pengetahuan Tentang REDD

Pemahaman anggota SHK Lestari Desa Hurun, Kab.Pesawaran, Provinsi Lampung tentang cadangan carbon dan perannya dalam mengurangi gas rumah kaca (REDD) serta merta mengikuti dibenaknya, begitu mengiktui dengan tekun akftifitas riset carbon stok. Kegiatan riset cadangan carbon di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman, khususnya di wilayah kelola SHK Lestari yahun 2010, melibatkan anggotanya dalam jumlah besar untuk penentuan sampel dan pengambilan data di 60 plot penelitian, yang telah ditentukan oleh pembimbingnya dari Forest Watch Indonesia (FWI) Bogor.

“Saya baru tahu walaupun bentuknya pohon kecil, ternyata punya peran dalam menyimpan cadangan carbon..”, jelas Pardi dari Talang pelita.

Selain data tentang potensi cadangan carbon, juga melibatkan penguasaan hamparan lahan tertentu, yang dilakukan melalui kegiatan pemetaan partisipatif untuk mendapatkan luas wilayah hamparan yang dikelola kelompok SHK Lestari di kawasan Tahura WAR.

Hasil pemetaan diperoleh data terbaru bahwa luas wilayah kelola kelompok SHK Lestari yakni 962,95 Ha, dengan tataguna lahan sekitar 172,88 Ha untuk konservasi (protected area), berupa agroforest seluas 767,45 Ha, berupa sungai-sungai, jalan setapak dan bekas pemukiman yang belum ditanami seluas 23 Ha.

Kegiatan kajian nilai tambah ekologi, ekonomi dan sosial di wilayah kelola SHK Lestari juga dilakukan beberapa bulan kemudian. Hal ini akan menambah pengetahuan anggotanya tentang seputar manfaat ekonomi yang selama ini diperoleh dari memanfaatkan kawasan Tahura Wan Abdul Rachman, memahami mata rantau perdagangan berserta nilai lebih yang masih dinikmati oleh pedagang di luar anggota kelompok SHK Lestari, dan memahami peluang income lain untuk mengurangi tekanan penggunaan lahan di kawasan hutan. (Koer – KaWAN TANI)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s