Kondisi Ekologi, Ekonomi dan Sosial Wilayah Kelola SHK Lestari di Tahura Wan Abdul Rachman

Kelompok Sistem Hutan Kerakyatan (SHK) Lestari telah menghasilkan  dokumen hasil kajian ekologi, ekonomi dan komunitas (sosial) petani pada di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman, Lampung tahun 2010. Kesimpulan menarik yang diperoleh yakni bahwa jika petani pemanfaat hanya pengandalkan produksi hasil hutan bukan kayu (HHBK), maka tingkat kesejahteraannya yang berpenghasilan rendah sebesar 61,54%, berpengasilan cukup sebesar 34,62%, dan berpenghasilan lebih/mampu sebesar 3,85%.

Untuk mencukupi kekurangan bagi penghidupan di kawasan hutan, mereka setidaknya memiliki 14 macam model penghasilan ekonomi dari mulai upahan tenaga kasar, guru honorer, tukang kayu, ojeg motor dan lain-lain.  Sementara itu, tanaman kopi dan kakao masih memonopoli sumber penghasilan seluruh keluarga di SHK Lestari, mencapai sekitar Rp.250 juta/tahun, dan produk melinjo, durian, cengkeh, jahe mencapai sekitar Rp. 30 juta/tahun.

Analisis data memperlihatkan bahwa persepsi anggota SHK Lestari terhadap kondisi kebun 10 tahun mendatang menyatakan, bahwa sebagian bes (58,97%) masih menginginkan dalam  bentuk repong muda atau agroforest dengan penghasilan utama tajuk menengah yakni kopi, kakao dan melinjo.  Sedangkan yang optimis bahwa masa depan kebun berasal dari repong atau kebun tua dengan penghasilan utama dari tajuk tinggi buah-buahan dan getah sebanyak 35,90 %. Sisanya, hanya sebagian kecil saja yang ragu-ragu dan tidak tahu terhadap masa depan kebun campuran yakni masing-masing sebesar 2,56 % saja.

Hal ini sangat dipengaruhi oleh kepastian akses kelola masyarakat di Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman yang belum diberikan oleh Dinas Kehutanan provinsi Lampung.  Kepastian akses kelola dalam jangka panjang diyakini responden akan memberikan rasa aman dalam berinvestasi dalam bidang kehutanan, membuat repong  atau kebun campuran yang didominasi tegakkan tajuk tinggi. (Koer – KaWAN TANI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s