Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman Lampung dan Hubungan dengan Masyarakat Sekitar

Upaya konservasi keanekaragaman hayati yang dilakukan oleh masyarakat sesungguhnya telah berkembang sejak lama, khususnya pada masyarakat yang memiliki pengetahuan lokal. Pengetahuan lokal adalah pengetahuan yang dikembangkan oleh suatu komunitas masyarakat selama berabad-abad. Pengetahuan lokal dikembangkan berdasarkan pengalaman, telah diuji penggunaannya selama berabad-abad, telah diadaptasikan dengan budaya dan lingkungan setempat (lokal), serta bersifat dinamis dan berubah-ubah (Mathias, 1995)1. Dalam konteks konservasi sumberdaya hutan, pengetahuan lokal terkait dengan upaya masyarakat lokal dalam memanfaatkan sumberdaya hutan secara lestari.

Ada beberapa kesamaan yang bisa dijadikan sebagai ciri-ciri konservasi khas Indonesia yakni: tidak memisahkan kawasan konservasi dengan masyarakat yang tinggal di sekitarnya; pengetahuan lokal yang mementingkan keragaman dalam pengelolaannya; ditujukan untuk pemanfaatan yang sesuai dengan kebutuhan dan mempertimbangkan kepentingan generasi yang akan datang; memiliki sistem yang jelas dari wewenang lokal atau adat pengelolaan dan sistem pengelolaan sumberdaya menurut lokal atau adat ini terkait erat dengan aspek-aspek lain kehidupan masyarakat, seperti hubungan keluarga dan suku dan agama (Dove, 1988 dalam Barber et.al., 1997).

Penulis meyakini bahwa masyarakat setempat yang saat ini mengandalkan kehidupan dari Tahura Wan Abdul Rachman, mampu menemukan kembali pengetahuan atau kearifan lokal jika mendapatkan penanganan yang tepat dan lebih memanusiakan manusia.

Mathias, E. 1995. Recording and Using Indigenous Knowledge: A Manual. International Institute of Rural Reconstruction. Cavite, Manila.
Barber, C.V., S. Afiff, dan A. Purnomo. 1997. Meluruskan Arah Pelestarian Keanekaragaman Hayati dan Pembangunan di Indonesia. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s