Membuka Ruang Dialog Pengelolaan Tahura Wan Abdul Rachman Lampung

Pendekatan keamanan yang selama ini dilakukan dalam pengelolaan kawasan konservasi harus diganti dengan pendekatan hubungan yang saling menghormati dan lebih bersahabat. Masalah konservasi bukan lagi sekedar masalah menghitung satwa liar atau inventarisasi tumbuhan semata. Masalah konservasi sekarang dan yang akan datang adalah masalah komunikasi. Komunikasi yang baik disertai dengan penghargaan atas keberadaan masyarakat lokal diharapkan akan menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap kawasan, sehingga akan tumbuh upaya untuk menjaga kawasan dengan kesadaran sendiri. (dikutip dari buku KONSERVASI INDONESIA, Sebuah Potret Pengelolaan & Kebijakan oleh Pokja Kebijakan Konservasi, desember 2008)

Kutipan tersebut menginspirasi Penulis untuk membayangkan skenario Pertemuan berkala di level rayon-rayon atau resort  dihadiri oleh kelompok tani beserta ormas/lsm mitra kerja atau pendamping, polhut, staf dinas kehutanan, staf pemerintah desa, tokoh masyarakat dan pemerhati masalah lingkungan setempat. Pertemuan tersebut berguna untuk membangun kesepamahaman melalui peningkatan pertukaran informasi dan gagasan antara agen, organisasi dan publik serta memberikan suatu mekanisme untuk menyelesaikan ketidakpastian (masalah).

Namun ada prasyarat melakukan share info dan gagasan dalam hubungan yang setara.  Diperlukan sikap-sikap apresiatif terhadap masyarakat lokal seperti: menghormati, mengakui, mendukung, menggunakan dan mengembangkan pengetahuan lokal dalam setiap upaya konservasi sumberdaya hutan, baik genetik, jenis, maupun ekosistem menjadi penting dikembangkan. Hal ini penting sekali terutama bagi upaya pelestarian kawasan konservasi yang di sekitarnya masih ditempati oleh masyarakat yang mempunyai pengetahuan lokal yang kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s